25 radar bogor

Asesmen Nasional SMP dan SMA Dilaksanakan Maret-April 2021

Wulan/ Radar Bogor SEMANGAT: Para siswa SMALB-B sedang mengisi soal ujian nasional secara manual.
Ilustrasi.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kabalitbang Kemendikbud) Totok Suprayitno, mengatakan bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) akan dilangsungkan pada 2021.

Untuk jenjang SMP, SMA/SMK sederajat serta paket A, B dan C akan dilaksanakan pada rentang waktu Maret sampai April. Pelaksanaan juga tidak dilakukan secara serentak, tetapi bergantian untuk bisa memberdayakan infrasturktur yang ada.

“Jadi kami mulai dengan SMA dulu, lalu SMK. Jadi SMA selesai, sebagian komputer di SMA bisa digunakan oleh SMK, oleh SMP dan sebaliknya. Itu strategi yang kami gunakan.

Itu nanti (hasil) akan selesai pada bulan Juli,” ungkap dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi X, Senin (16/11). Sedangkan untuk SD dan MI, rencananya dilakukan pada Agustus 2021. Kemudian, laporan hasilnya akan dilaksanakan pada Oktober 2021.

Dia pun meminta agar semua pihak tidak menganggap berlebihan penyelenggaraan AN. Salah satunya adalah dengan melakukan bimbingan belajar (bimbel). Pasalnya, AN bukan hafalan, melainkan penalaran dari peserta didik.

“Siswa tidak perlu menyiapkan khusus untuk resep AN nanti, kelas 6, 9, 12 konsentrasi saja pada ujian sekolahnya untuk kelulusannya. Sedangkan untuk guru, ada baiknya mulai melakukan perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran dan asesmennya,” tambah dia.

Para guru pun perlu menyiapkan diri dengan mengubah cara pemberian soal yang bersifat hafalan, melainkan penalaran. Dengan harapan sekolah bisa memanfaatkan hasil evaluasi dan perencanaan program untuk menghadapi AN tahun mendatang.

“Jadi mulai memperbaiki iklim belajar, kultur sekolah. Saya kira itu sangat diharapkan, untuk guru, siswa, orang tua tidak perlu cemas mencari-cari bimbingan belajar,” pungkasnya.(jpc)