25 radar bogor

Mendikbud Izinkan SMK Belajar Tatap Muka di Sekolah untuk Zona Oranye dan Merah

Siswa-SMK
Ilustrasi Siswa SMK
Siswa-SMK
Ilustrasi Siswa SMK

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memperbolehkan SMK melakukan pembelajaran tatap muka untuk mata pelajaran produktif.

Pembelajaran praktik secara tatap muka dapat dilakukan di semua zona. Termasuk zona oranye dan merah.

“Untuk SMK, sama dengan perguruan tinggi. Di semua zona boleh melakukan pembelajaran praktik. Bukan pembelajaran teori. Hanya pembelajaran praktik. Yaitu, pembelajaran produktif harus dengan mesin-mesin, tetapi dengan protokol kesehatan yang diperketat,” ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual.

Sementara itu, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyampaikan hasil pemantauan di beberapa daerah yang sudah mulai melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) untuk SMK/SMA.

Diantaranya adalah di Banyuwangi, Jawa Timur sebanyak 14 sekolah; di Kota Tegal ujicoba dilakukan di SMAN 2, SMKN 2 dan SMA Pius kota Tegal.

Uji coba PTM juga dilakukan di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah. Serta SMK SMTI dan SMKN 2 Kota Jogjakarta juga sudah melakukan uji coba buka sekolah pada September 2020 lalu.