25 radar bogor

OJK Gelar Kompetisi Berhadiah Hingga Rp 30 Juta, Begini Caranya Ikut

JAKARTA-RADAR BOGOR, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyelenggarakan Kompetisi Inklusi Keuangan (Koinku) tahun ini. Tahun ini, Koinku mengangkat tema Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program Inklusi Keuangan.

Kompetisi tersebut menjadi salah satu strategi OJK dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan. Di sisi lain, dalam rangka mencari ide-ide kreatif serta inovatif terkait model inklusi keuangan.

Hasil kompetisi ini diharapkan dapat direplikasikan guna memperluas akses keuangan khususnya bagi segmen perempuan sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Mengutip keterangan resminya, Kamis (20/8), berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tercatat sebesar 76,19 persen dari total responden telah menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan formal di berbagai industri keuangan. Survei dilakukan pada 2019, dan melibatkan 12.773 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia

Di sisi lain, pemahaman masyarakat terhadap produk atau layanan jasa keuangan formal sebesar 38,03 persen. Angka tersebut meningkat dibandingkan hasil survei OJK pada 2016, tercatat tingkat inklusi keuangan sebesar 67,8 persen dan tingkat literasi keuangan sebesar 29,7 persen.

Hasil survei pada 2019 juga menunjukkan bahwa berdasarkan gender, tingkat inklusi keuangan dan tingkat literasi keuangan perempuan adalah masing-masing sebesar 75,15 persen dan 36,13 persen. Tingkat tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat inklusi keuangan dan tingkat literasi keuangan pria yaitu sebesar 77,24 persen dan 39,94 persen.