25 radar bogor

IPB Raih Peringkat Pertama Perguruan Tinggi Terbaik Versi Kemendikbud

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria saat Upacara Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap III Tahun Akademik 2018/2019, Rabu (12/12) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr. Arif Satria.

BOGOR-RADAR BOGOR, IPB University tahun ini meraih prestasi membanggakan. Pasalnya, berdasarkan pemeringkatan Klasterisasi Perguruan Tinggi yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020, IPB University berada pada urutan pertama.

Sementara Universitas Indonesia menduduki peringkat kedua, Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat tiga, Universitas Airlangga (Unair) peringkat empat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat lima. Pada tahun ini klasterisasi diikuti 2.136 perguruan tinggi di Indonesia.

Terkait prestasi itu, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh warga IPB University dan stakeholder terkait.

“Ini adalah hasil kerja keras kita semua. Saya mengapresiasi seluruh civitas akademika, tenaga kependidikan, dan alumni yang terus kompak dan bersungguh-sungguh dalam memajukan IPB University. Tentu capaian ini juga hasil kerja keras para pimpinan IPB University sebelumnya yang telah memberi fondasi yang kuat untuk kemajuan IPB University,“ tuturnya.

Rektor mengatakan, prestasi ini harus menjadi penyemangat bagi semua untuk memberi yang terbaik bagi bangsa ini. Tujuan klasterisasi perguruan tinggi ini adalah untuk merumuskan penciri kualitas perguruan tinggi yang telah terdokumentasi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) serta melakukan telaah klasterisasi berdasarkan penciri tertentu untuk kepentingan pembinaan perguruan tinggi.

Hasil klasterisasi ini digunakan untuk membangun landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan terus-menerus dalam rangka meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.