25 radar bogor

Anak Dambaan Orang Tua, Dua Tahun Hafal 30 Juz AlQur’an.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bagi seorang muslim, memiliki anak yang hafal Alquran adalah dambaan setiap orang tua.Yang kelak akan membuat orangtuanya banga dunia dan akhirat.

Nah, bagi para orang tua yang mendambakan anaknya menjadi penghafal Alquran, di Pesantren Tahfidzh Raudhatul Qur’an Parung Bogor, anak-anak yang mengenyam ilmu di sana mampu menghafal 30 juz dalam dua tahun.

“Diakhirat kelak anak yang hafal Quran akan memakaikan mahkota kemulian kepada orang tuanya di surga kelak dan membuat orang tuanya mulia di hadapan Allah,” ujar Pemilik Pesantren Raudhatul Qur’an Parung, Ustazah Sahniar Saragi kepada radarbogor.id, Rabu (17/6/2020).

Wanita yang pernah mengenyam pendidikan Sanad Alquran dari Kairo Mesir ini pun berbagi ilmu bagaimana metode penghafalan Alquran yang dijalani anak.

Termasuk jika para orang ingin berkonsultasi metode tersebut. Sebagian sudah dijelaskan di Facebook Pesantren Tahfidzh Raudhatul Quran.

“Pesantren kami memiliki program menghafal cepat putra dan putri dari sekolah dasar hingga sekolah menegah atas. Dengan visi dan misi mencetak anak-anak sejak dini tentunya untuk hafal Alquran dan membentuk karakter anak sesuai dengan Alquran,” katanya.

Sejatinya, lanjut Sahniar Jebolan Magister Pendidikan Islam, di pesantren karakter anak dibentuk dari mulai dasar penghafalan hingga terbiasa dengan Alquran.

Ada 11 program yang dijalani oleh anak dari segala jenjang usia pendidikan. Kesebelas program itu dari mulai sekolah sambil hafal Quran, tamat SMP hafal Alquran.

Program dua tahun hafal Quran. Program mutqin Murajaah Hafalan. Keempat program SMP dam SMA hafal Alquran, dengan mendidik anak sambil menghafal Alquran.

Program SD hafal Alquran. Selanjutnya, program sebulan hafal empat Juz. Program sekolah SMA tamat hafal AlQuran, Program liburan sepekan hafal dua Juz.

Serta program menghafal surat-surat
pilihan seperti Almulk, Yasin, Arahman, Assajadah, Alwaqiah dan surat panjang lain. Serta dua program terakhir, yakni sanad Alquran dan program week en Sabtu dan Ahad.

“Alhamdulillah tahun ini kami menerima santri baru Putra Putri usia SD, SMP, SMA, Kuliah. Bukan hanya anak tetapi program menghafal cepat juga untuk mahasiswa, kuliah dan juga umum,” papar Sahniar.

Berlokasi di Jl.H.Mawi no.39 RT 08/07, Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Tahfidzh Raudhatul Qur’an tidak hanya menghafal Alquran.

Selama menempuh pendidikan di sana, para santri dan santriwati juga mengikuti seminar-seminar langsung dengan para Syaikh timur tengah seperti Palestina, Yaman hingga Al Azhar Mesir, dan Madinah Makah Arab Saudi.

Selain menghafal Alquran, para santri juga mendapatkan sekolah formal sesuai jenjangnya dari SD, SMP, SMA dan juga dibekali keterampilan dengan program seminar, out door, olah raga ekstra kulikuler (Eskul) tambahan seperti berkuda, Renang hingga memanah, belajar pidato, hadro, kitab kuning, sanad Alquran dan lain-lain.

“Dan Alhamdulillah tahun lalu mendapatkan beberapa prestasi seperti dari Bupati Bogor yaitu Pesantren mendapatkan Penghargaan Dalam Lomba Eco Pontren. Bagi santri berprestasi mendapat umroh gratis. Anak-anak yang ingin terus lanjut belajar Alquran bisa dengan mengambil Sanad Alquran ke Timur Tengah seperti Mesir, Madinah dan lain-lain,” katanya. (ysp)