25 radar bogor

BCC Terendam Banjir, Warga Mengungsi

Warga BCC keluar rumah karena banjir.          (Sofyansyah/ RADAR BOGOR)

BOGOR – RADAR BOGOR, Hujan deras yang mengguyur Bogor mengakibatkan, sejumlah wilayah terendam banjir, Jumat (17/4/2020). Termasuk, perumahan Bukit Cimanggu City (BCC).

Ketua RT 01, Buchori mengungkapkan, sungai di komplek perumahan Blok R7 Mekarwangi, Tanah Sareal kembali meluap. Akibatnya, kata dia, tiga RT terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

“Banjir di sekitar area sungai komplek Bukit Cimanggu City tersebut diduga disebabkan curah hujan yang sangat deras dari jam 16.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sudah banyak keluarga dari tiga RT yang kendaraannya terendam banjir dan mengungsi ke pos security lapangan bola Blok R. Sebelumnya, sambung dia, sudah pernah terjadi banjir di RT01, 02, 03 RW 09 seminggu silam.

Namun, menurut dia, banjir pada minggu ini jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya. “Menurut pengurus RT setempat salah satu faktor diduga adalah dampak dari ekspansi pengembangan perumahan,” katanya.

Ia menambahkan, resapan tidak sebanding sedangkan pengeloaan air permukaan sebagai dokumen amdal tak realisasi dan tak berfungsi. Selain itu, tidak dibangun waduk retensi hingga mengakibatkan banjir pada musim hujan. (sof)