25 radar bogor

Berinovasi Lewat HOTS, Guru SDN Nanggeleng Dinobatkan Kemendikbud jadi Duta Sains Nasional

Berinovasi Lewat HOTS, Guru SDN Nanggeleng Dinobatkan Kemendikbud jadi Duta Sains Nasional.
Berinovasi Lewat HOTS, Guru SDN Nanggeleng Dinobatkan Kemendikbud jadi Duta Sains Nasional.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebagai salah satu capaian Program Bogor Cerdas dalam bidang pengembangan kompetensi tenaga pendidik daerah, guru SDN Nanggeleng, Dewi Suci Frihartini berhasil dinobatkan menjadi Duta Sains Nasional oleh P4TK IPA Kemendikbud.

“Atas raihan ini saya merasa bangga dan senang, karena dapat membawa nama Kabupaten Bogor menjadi salah satu wilayah yang memiliki kompetensi guru terbaik tingkat Nasional,” jelas Dewi Suci.

Lanjut Guru kelas VI SD itu, untuk memenangkan penghargaan tersebut dirinya mengusung inovasi metode pembelajaran berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) dengan sistem digitalisasi.

“Judul artikel makalah saya adalah penerapan hp reveal dan augment reality untuk meningkatkan hasil belajar IPA sebagai manifestasi internet baik. Dengan tujuan memperbaiki kwalitas pembelajaran dan hasil belajar IPA di kelas, mengedukasi siswa dan orangtua untuk menggunakan gawai secara bijak,” paparnya.

Lanjut Dewi, dari inovasi tersebut diharapkan nantinya akan ada penerapan dan pengaplikasian metode pembelajaran yang interaktif dan futuristik.

Kasubag Kepegawaian Disdik Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan bangga atas raihan prestasi tersebut.

“Pada masa pandemi seperti ini, metode pembelajaran terutama dalam sistem daring atau digital sangat diandalkan,” ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Atis Tardiana berharap, dengan adanya raihan prestasi ini mampu memotivasi para tenaga pendidik lainnya untuk mengembangkan potensi. (*/ran)