25 radar bogor

Situ Tunggilis Cileungsi, dari Ikan Siluman hingga Jin Jangkung

Situ-Tunggilis
Suasana Situ Tunggilis, Cileungsi yang berada di pinggir Jalan Raya Transyogi. ARIFAL/RADAR BOGOR
Situ-Tunggilis
Suasana Situ Tunggilis, Cileungsi yang berada di pinggir Jalan Raya Transyogi. ARIFAL/RADAR BOGOR

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Ikan melimpah. Siapa saja yang mancing dan menjaring, pulang membawa ikan. Jenisnya, ikan mujaer, nila hingga betok.

Pun airnya. Mengairi sawah-sawah sekelilingnya. Juga menjadi sumber air warga sekitarnya.

Begitulah berkah dari Situ Tunggilis, Cileungsi Kabupaten Bogor. sebuah setu yang berada di pinggir Jalan Raya Transyogi. Jika dari arah Cibubur, letaknya berada di sebelah kanan jalan.

Setu Tunggilis ini menjadi salah satu sumber penghidupan. Banyak warga yang bergantung pada ikan di sana. Baik untuk dijual atau dikonsumsi sendiri.

Namun dibalik semua itu, Situ Tunggilis menyimpan kisah mistis yang cukup membuat bulu kuduk merinding. Beragam kejadian di luar nalar sering dialami pencari ikan yang datang ke lokasi.

Paling populer kisah pemancing yang pernah melihat sesosok lelaki tinggi besar serba putih di pinggiran situ. Serta ikan siluman penghuni Situ Tunggilis.

Sopyan salah satunya. Penangkap ikan itu sudah sering berinteraksi dengan pengghuni Situ Tunggilis.

“Ada sosok kakek tinggi besar. Sudah banyak yang sering lihat. Termasuk saya. Tapi ketika hendak dihampiri sosok tersebut menghilang,” kisah Sopyan saat ditemui radarbogor.id Rabu (9/12/2020).

Tidak hanya itu, Sopiyan menuturkan, pernah ada rekannya sesama pencari ikan di Situ Tunggilis menjaring ikan siluman.

“Pernah ada pencari ikan yang menggunakan jala, terjaring binatang aneh yang terperangkap dijalanya. binatang tersebut besarnya hampir sama dengan jok motor,” kisahnya.

“Namun binatang tersebut terlepas karena si pencari ikan tidak kuat mengangkatnya,” tutur dia.

Hal senada dikisahkan Dadang pencari ikan lainya di Situ Tunggilis. Menurutnya, bukan rahasia Umum, Situ Tunggilis adalah situ keramat. Selain memberikan berkat kepada warga sekitar dengan tangkapan ikan yang melimpah.

Namun, Dadang menuturkan, jika memancing di Situ Tunggilis harus bersikap sopan dan tidak takabur.

“Asalkan sopan pasti mendapatkan ikan, anehnya jika orang tidak sopan bertutur kata kotor maka tidak mendapatkan hasil ikan,” tukasnya. (all/mg6)