25 radar bogor

Keren! Siswa MAN 2 Kabupaten Bogor Buat Robot Smart Satgas. Bisa Lapor Satgas Covid-19 dan Bagi-Bagi Masker.

Dua siswa MAN 2 Bogor dengan robot buatannya.
Dua siswa MAN 2 Bogor dengan robot buatannya.

BOGOR-RADAR BOGOR, Terus meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia, melatarbelakangi dua siswa MAN 2 Kabupaten Bogor membuat Robot Smart Satgas atau Robot Patroli Pintar untuk Penerapan Social Distancing.

Apalagi, kata Ketua tim, Dany Setiawan, kls XII MIA masih banyaknya orang yang menghiraukan dan tidak peduli dengan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker (3M). “Dengan latar belakang tersebut kami tertarik menerapkan Robot Smart Satgas atau Robot Patroli Pintar untuk Penerapan Social Distancing,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima radarbogor.id Senin (23/11/2020).

Dany mengatakan, rancangan penelitian robot ini dilakukan di MAN 2 Bogor Kabupaten Bogor dengan mekanisme, ketika orang terdeteksi tidak menggunakan masker, maka Robot Smart Satgas akan mengeluarkan peringatan berupa suara dan secara otomatis mengeluarakan masker untuk digunakan.

Jika robot tersebut mendeteksi suatu kerumunan, secara otomatis maka akan memberikan himbauan masyarakat agar meninggalkan kerumunan.

Apabila tidak mematuhi, robot tersebut akan merekam kejadian dan akan di tindak lanjuti oleh satgas COVID-19.