Kemendikbud Cari Masukan Terstruktur Soal Peta Jalan Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Nadiem Makarim

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan pihaknya secara terstruktur mencari masukan mengenai Peta Jalan Pendidikan dari berbagai pihak.

“Yang sudah kami lakukan adalah (mendengar masukan) menteri-menteri dan kementerian-kementerian di Kabinet Indonesia Maju, dari Komisi X tentunya sudah seringkali kami mendapat masukan, dan kami juga mendapat masukan dari Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres) yang telah memberikan input -inputnya dan sangat mendukung arah Peta Jalan Pendidikan kita,” ujar Nadiem melansir IDN Times.

Dia mengaku pihak Kemendikbud juga sudah berbicara dengan Ketua Umum Muhammadiyah dan BSNP.

Serta mendapatkan masukan dari perwakilan industri dan sektor swasta mengenai Peta Jalan Pendidikan ini.

Selanjutnya Nadiem masih akan mendengar masukan dari berbagai pihak lainnya termasuk organisasi-organisasi masyarakat seperti NU, Muhammadiyah dan lainnya.

“Dan juga organisasi profesi guru seperti PGRI, IGI, FSGI, BMPS dan lainnya. Dan juga perkumpulan terkait disabilitas, pembangunan karakter dan isu-isu sosial lainnya,” ungkap Nadiem.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Nadiem Makarim

Organisasi keagamaan juga akan diajak bicara bersama, tak ketinggalan organisasi multilateral untuk mendapat perspektif global.

“Dan tentunya perwakilan perguruan tinggi negeri kita dan perguruan tinggi swasta dan institusi dan yayasan-yayasan pendidikan,” kata Nadiem. (*ran)