Warga Kebon Pedes Punya Keterampilan Baru, Olah Susu Sapi Dilatih Politeknik AKA Bogor

Politeknik AKA beri pelatihan warga Kebon Pedes.

BOGOR-RADAR BOGOR, Warga Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal akhirnya punya keterampilan baru dalam mengolah susu sapi. Mereka mendapatkan pelatihan dari civitas akademika Politeknik AKA Bogor.

Dosen Analisis Kimia Politeknik AKA Bogor, Bella Mellisani mengungkapkan, ada banyak produk makanan dan keperluan rumah tangga yang bisa dihasilkan dari bahan dasar susu sapi.

Ditambah lagi, warga RT 06 RW 09 itu mayoritas memiliki pekerjaan sebagai peternak sapi.

“Susu sapi itu tidak hanya bisa menghasilkan produk makanan. Malah, susu sapi juga dapat dibuat sabun dan body lotion,” bebernya kepada Radar Bogor, Selasa (3/11/2020).

Berbagai produk dari susu sapi tentu akan menjadi celah atau peluang usaha baru bagi mereka. Ia mencontohkan, produk makanan yang bisa dihasilkan seperti Keju Mozarella, permen, dan susu Probiotik.

Aktivitas yang benar-benar terjun ke tengah masyarakat itu merupakan kegiatan rutin para dosen Politeknik AKA Bogor.

Politeknik AKA beri pelatihan warga Kebon Pedes.

Sasarannya yakni masyarakat dengan memetakan potensi masing-masing. Tiap tahun, pengabdian masyarakat itu dilakukan dengan tema yang berbeda-beda.

Tak ketinggalan, mereka juga tetap mengajarkan pembuatan hand sanitizer dan cairan disinfektan. Itu lantaran kondisi pandemi juga masih terus dihadapi masyarakat.

Bella berharap, pengabdian masyarakat yang digawangi langsung oleh Kampus Politeknik AKA Bogor itu bisa berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dengan begitu, produk-produk yang dihasilkan juga bisa bersaing di pasaran karena memiliki banyak varian. (mam)