25 radar bogor

Pentingnya Literasi Untuk Berkompetisi Global

Kepala Perpusnas RI, Syarif Bando saat menjadi narasumber literasi.
Kepala Perpusnas RI, Syarif Bando saat menjadi narasumber literasi.

Dede Yusuf melanjutkan sejumlah tahapan agar SDM Indonesia bisa kompetitif. Pertama, memperluas pemahaman tentang pendidkan vokasi. Buku-buku keterampilan atau ilmu terapan diperbanyak hingga ke desa-desa.

Apalagi mengingat mayoritas penduduk rata-rata Indonesia hanya di tingkat dasar dan menengah. Kedua, memperluas akses informasi. Ketiga, link and match dengan kebutuhan industtri. Dan keempat, menggalakkan Gerakan Kesadaran Etos Kerja.

Di kesempatan yang sama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna setuju bahwa untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, keberadaan perpustakaan mempunyai peran penting. Keberadaan perpustakaan tidak bisa dihilangkan meski digital merajalela di hampir semua lini kehidupan.

Di Kabupaten Bandung Barat tidak kurang dari 165 perpustakaan desa telah berdiri, dan akan terus didorong untuk menghadirkan masyarakat agar bisa merasakan manfaat dari membaca buku-buku terapan (soft skill) sehingga mereka bisa berdaya guna, berinovasi, dan berpikir kreatif. (*/rur)