25 radar bogor

30 Ribu UMKM Kota Bogor Bersaing Dapatkan Stimulan Rp2,4 Juta dari Pemerintah

UMKM
Salah seorang pelaku UMKM Kota Bogor menunjukkan produknya. SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR
UMKM
Salah seorang pelaku UMKM Kota Bogor menunjukkan produknya. SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR

BOGOR – RADAR BOGOR, Sekitar 30 ribu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bogor diajukan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Total Rp18,5 miliar bakal cair secara bertahap.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi, R Medi Sandora menjelaskan, total itu merupakan yang diajukan oleh Diskop Kota Bogor kepada Kementerian Koperasi (Kemenkop) RI. Hanya saja, tidak semua mendapatkan bantuan lantaran harus diverifikasi.

“Sebenarnya ada empat tahap kemarin pendaftaran. Totalnya malah sampai 29 ribu pelaku UMKM yang mendaftarkan diri di empat tahap itu. Padahal, di database kita (Dinas Koperasi), hanya 22 ribu UMKM. Jumlah yang membeludak itu artinya memang masih banyak UMKM di Kota Bogor,” terang Medi ketika dikonfirmasi Radar Bogor, Senin (28/9/3030).

Menurut Medi, pencairan dana bantuan tersebut langsung masuk ke rekening pelaku usaha masing-masing. Ia memperkirakan pencairan itu merupakan dari pendaftaran tahap pertama.

Sementara untuk tahap berikutnya, pihaknya juga belum bisa memastikan rentang waktunya. Bahkan, pihaknya juga belum mendapatkan gambaran berapa banyak yang berhasil lolos verifikasi dari jumlah yang diajukan.

“Tapi, pengambilannya juga berproses, dalam artian harus melengkapi syarat administrasi yang ada. Nanti pihak bank juga melihat apakah ada pinjaman atau tidak. Karena salah satu syaratnya juga tidak boleh ada pinjaman selama ini di bank,” paparnya. (mam)