25 radar bogor

Bantuan Kuota Data Kemendikbud di Kota Bogor Belum Merata

Belajar-daring
Murid SD di Kota Bogor tengah belajar daring. Sofyansyah/Radar Bogor
Belajar-daring
Murid SD di Kota Bogor tengah belajar daring. Sofyansyah/Radar Bogor

Fahrudin menyebutkan sekitar 200 ribu sekolah dari berbagai tingkatan, mulai SD hingga SMA.

Jumlah itu juga merangkum sekitar 12 ribu guru yang ada di Kota Bogor. Sedangkan total murid yang terdaftar sebanyak 162.493 orang untuk jenjang PAUD, PKBM, SD, dan SMP.

“Itu kayaknya masih dalam proses verifikasi (penyebab belum cair semuanya). Tapi angka itu (yang sudah diverifikasi) terus berubah karena setiap hari ada verifikasi dan data yang valid pasti bertambah. Sampai saat ini (Senin) sudah 145.111 siswa yang sudah terverifikasi,” terangnya.

Kendati demikian, Disdik Kota Bogor masih tetap akan mengawal penyaluran paket data gratis itu. Pihaknya juga terus mencari alternatif lain untuk memudahkan sistem pembelajaran jarak jauh itu.

Fahrudin mengatakan, salah satunya dengan memberikan bantuan kepada para pelajar melalui kerja sama dengan berbagai provider atau penyedia jaringan telekomunikasi.

“Sementara mungkin kalau satu bulan kemarin kita sudah kasih dari beberapa provider. Mereka memang menyediakan pulsa gratis, tapi cuma untuk akses halaman-halaman pendidikan. Bulan berikutnya memang beli pulsa, tapi harganya cenderung sangat murah,” paparnya.