25 radar bogor

UNB Edukasi Warga di Tengah Pandemi Lewat KKNT Covid-19

KKNT Covid-19 UNB tahun ajaran 2019-2020.
KKNT Covid-19 UNB tahun ajaran 2019-2020.

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Nusa Bangsa (UNB) bekerja sama dengan Kemendikbud menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Covid-19 tahun ajaran 2019-2020, selama sebulan dari 17 Agustus hingga 17 September 2020.

KKNT diikuti oleh 192 peserta yang terbagi menjadi 16 Kelompok yang tersebar dibeberapa wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

KKNT oleh  Kelompok 9 di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ir. Faizal Maad, M.Si dilaksanakan di RW 004, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Bertitik tolak dari potensi, masalah dan kebutuhan masyarakat, kegiatan KKNT diarahkan kepada penyuluhan dan  edukasi masyarakat mengenai  perilaku hidup sehat dan protokol kesehatan dalam menghadapi wabah Covid-19, pemanfaatan limbah rumah tangga, dan pemanfataan sumberdaya pekarangan dalam menjaga kesehatan dan ketahanan perekonomian masyarakat ditengah pademi Covid-19 yang sedang mewabah saat ini.

Pada 31 Agustus 2020, mahasiswa UNB mengadakan penyuluhan diikuti dengan demonstrasi kepada warga sekitar tentang pembuatan sabun dari limbah rumah tangga berupa minyak jelantah, pembuatan desinfektan berbahan alami dari limbah kulit jeruk, dan teknik budidaya tanaman sayuran secara hidroponik dengan memanfaatkan limbah botol plastik.

Kegiatan ini bertujuan untuk megedukasi masyarakat dalam menfaatkan limbah dan pekarangan rumah tangga dalam upaya mewujudkan perilaku bersih dan sehat, kemandirian pangan dan ketahanan ekonomi keluarga mengatasi wabah pandemic covid-19.