Selebgram Pilot dan Pramugari Dapat Tugas Baru dari Menhub. Apa Itu?

Ilustrasi pramugari

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pilot dan pramugari yang memiliki banyak pengikut (selebgram) untuk mempromosikan keamanan penerbangan di media sosial masing-masing.

Sebab, kata dia, saat ini masyarakat yang masih ragu-ragu melakukan perjalanan dengan angkutan udara karena takut tertular Covid-19.

“Sekarang ini zamannya media sosial. Petugas melakukan rapid test yang melakukan tindakan tidak baik dalam waktu beberapa jam sudah tersebar. Itu memalukan. Sebaliknya hal-hal yang baik juga perlu di-share (oleh) teman-teman pilot, pramugari, yang followers-nya banyak,” ujar Budi Karya dalam webinar, Rabu, 23 September 2020 dilansir Tempo.co.

Budi Karya menjelaskan, nilai-nilai positif yang dapat dipromosikan ialah ketatnya protokol kesehatan baik di bandara maupun di dalam pesawat.

Selain itu, ia menyebut keramahan petugas juga perlu dibagikan.

Ada pula teknologi filter high efficiency particulate air atau HEPA yang mesti disosialisasikan.

Ilustrasi pramugari

Budi Karya mengklaim teknologi itu dapat menyaring partikel hingga 99 persen dan menciptakan udara bersih.

Budi Karya mengatakan dunia penerbangan menjadi tolok ukur bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Apabila transportasi udara dapat berjalan kembali, pemulihan ekonomi diyakini juga dapat tercapai.

“Saya menginginkan kita tetap konsisten dan awas serta enggak abai dengan protokol kesehatan. Tetapi di sisi lain kita harus bisa mengembangkan dan melayani masyarakat dengan baik, aman, dan nyaman,” ucapnya.

Menurut Menhub, sejauh ini ia belum menemukan kasus penularan Covid-19 di dalam pesawat.

“Sektor udara merupakan satu sektor paling rigit memberikan pengamanan terhadap kesehatan dengan angka (penularan) yang relatif enggak ada. Mereka yang terbang enggak ada yang terpapar Covid-19,” katanya.

Ilustrasi pramugari

Mantan bos PT Angkasa Pura II ini belakangan memang sedang gencar menggaet selebritas untuk mempromosikan penerbangan.

Pada 17 September lalu, ia blak-blakan mengakui bahwa kementeriannya menggandeng youtuber Deddy Corbuzier dan Atta Halilintar.

Budi Karya pun telah bertemu dengan dua pesohor pembuat konten itu.

Pertemuan dengan Atta Halilintar dihelat pada 7 September lalu di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sedangkan hasil pertemuan dengan Deddy telah dipublikasikan melalui podcast YouTube Deddy Corbuzier, Rabu, 16 September 2020 dengan judul “HAYO KITA BONGKAR FAKTA!! Deddy Corbuzier Podcast”.

Menurut Budi Karya, pelibatan pesohor tersebut merupakan cara baru yang mengundang atensi dari masyarakat.

Ilustrasi pramugari

“Saya santai santai enggak ngomong formal dengan kedua youtuber itu dan saya pikir lumayan itu ada lebih dari 270 ribu yang hit, yang Deddy Corbuzier tadi baru 2-3 jam sudah 60 ribu (penonton),” ucapnya. (tem/ran)