25 radar bogor

Mahasiswa IPB University Rancang Alat untuk Membantu Pengolah Kolang-Kaling di Leuwiliang

Alat Press-Co merupakan mesin atau perkakas untuk memipihkan kolang-kaling berbasis silinder gerigi bertenaga kayuhan manusia. Press-Co memiliki desain yang simple, cara penggunaanya persis seperti menggunakan sepeda serta komponen alat yang ergonomis sehingga memudahkan dan meningkatkan kenyamanan, keselamatan, serta kesehatan Pekerja.

Press-Co juga 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan alat pemipih tradisional. Untuk 30 Kg pemipihan kolang-kaling, Hanya membutuhkan 8,3 menit. Selain itu, Bapak Sanadi selaku mitra lebih hemat 100% dalam proses pemipihan kolang-kaling karena tidak perlu membayar pekerja untuk proses pemipihan kolang-kaling. Berdasarkan seluruh kelebihannya, dengan menerapkan alat ini, produktivitas mitra akan meningkat.

Akan tetapi alat ini masih sebatas rancangan. Dampak pandemi Covid-19 mengharuskan program PKM dijalankan dengan daring sehingga alat Press-Co ini masih sebatas rancangan. Setelah pandemi selesai, alat ini akan segera dipabrikasi agar bisa diterapkan secara langsung oleh mitra, yaitu Bapak Sanadi an bahkan ke seluruh pengolah kolang-kaling di Indonesia. (*/ysp)