25 radar bogor

Hore, UKM Dapat Bantuan Kemenristek Rp 2,7 Miliar

Menristek, Bambang Brodjonegoro.
Menristek, Bambang Brodjonegoro.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengalokasikan dana Rp 2,7 miliar untuk pemberdayaan masyarakat melalui perguruan tinggi.

Kali ini, dukungan difokuskan pada usaha kecil dan menengah (UKM).

Setidaknya ada 29 judul proposal yang lolos dan berhak menerima dana pemberdayaan masyarakat Program UKM Indonesia Bangkit Tahun 2020.

Proposal tersebut berasal dari 27 perguruan tinggi, baik negeri dan swasta di Indonesia. Di antaranya, Politeknik Negeri Jember dan Universitas Widyagama yang mendapatkan dana untuk dua proposal.

Kemudian, Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Subang, Politeknik Negeri Tanah Laut, Universitas Diponegoro, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Lampung, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Udayana, Politeknik Negeri Ambon, Institut Teknologi Nasional Malang, dan lainnya.

Seluruhnya tersebar merata di Indonesia, dengan rincian terdiri dari Bali dengan 4 judul proposal, Lampung 2 judul proposal, Daerah Istimewa Yogyakarta 2 judul proposal, Jawa Barat 1 judul proposal, Jawa Tengah 5 judul proposal, Jawa Timur 8 judul proposal, Kalimantan Selatan 2 judul proposal, Maluku 1 judul proposal, Papua 1 judul proposal, Sulawesi Selatan 2 judul proposal, dan Sumatera Selatan 1 judul proposal.