25 radar bogor

Terbatasnya Mobilitas Sayur Mayur, Mahasiswa IPB Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bercocok Tanam di Grogol Selatan

Proses Panen Tanaman Kangkung dan Bawam Mahasiswa KKN-T IPB.
Proses Panen Tanaman Kangkung dan Bawam Mahasiswa KKN-T IPB.

Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan mereka tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan tetap menjaga jarak.

Kegiatan menanam ini diawali dengan pengolahan lahan awal, hal ini dilakukan karena kondisi lahan yang kurang baik untuk melakukan penanaman.

Pengolahan lahan ini dilakukan selama 2 hari, diawali dengan membersihkan lahan dari puing-puing bebatuan dan tanaman liar kemudian menggemburkan hingga kondisi tanah gembur dengan baik.

Mereka lalu melakukan pemupukan tanah untuk memperbaiki nutrisi di dalam tanah menggunakan 3 bahan, yaitu dolomit, pupuk kandang, dan arang sekam.

Dolomit digunakan untuk menetralkan pH tanah, itu digunakan karena kondisi pH tanah lahan yang cenderung asam ditandai tanah berwarna merah bata.

Sementara pupuk kandang berfungsi untuk mempertahankan struktur fisik tanah sehingga akar dapat tumbuh secara baik, dan arang sekam digunakan untuk memperbaiki struktur fisik, kimia, dan biologi tanah serta mampu meningkatkan porositas tanah sehingga menjadi gembur dan mampu menyerap air.