SMK PESAT IT XPro Berbagi Sembako

Perwakilan SMK PESAT IT XPro saat membagikan sembako.

BOGOR-RADAR BOGOR, SMK Pesat IT XPro, Jumat (28/8/2020) memberikan bantuan sosial (bansos), berupa sembako yang dikumpulkan secara urunan barang dan uang oleh seluruh siswa dan guru.

Setiap siswa memberikan satu item sembako yang dikumpulkan oleh anggota OSIS di ruangannya. “Satu anak satu liter minyak goreng dikalikan 2 kelas = 70 liter minyak goreng, belum sembako lainnya, banyak juga ya” ujar Kepala SMK Pesat IT XPro, Lida Hasanah kepada Radarbogor.id.

Menurut Lida, kegiatan tersebut menjadi program dari salah satu dari tujuh prinsip karakter unggulan yang dijadikan kultur pendidikan di sekolah.

Yaitu empati, religius, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, mandiri dan jujur. Dua bulan sejak tahun ajaran baru merupakan penekanan karakter empati. Meski pembelajaran dilakukan di rumah masing masing, namun penekanan empati di pertemuan daring selalu dilakukan.

“Etika tatap muka online kami jadikan acuan pendidikan empati di sekolah ini,” tambahnya.

Lida mengatakan, sembako menyebar dari SMK Pesat ke seluruh penjuru kota dan desa di Bogor.

Perwakilan SMK PESAT IT XPro saat membagikan sembako.

“Kami mencari senyum kakek tua pembawa rongsokan yang senang mendapat sekantong sembako bertuliskan SMK Pesat IT XPro, mencari amiin dari doa-doa yang dipanjatkan oleh pedagang kecil yang jarang dibeli karna sekolahan sepi, menyaksikan haru bapak tua penjual ular mainan dari balon dan keresek bekas yang tiba tiba mendapat bahan untuk dimasak nanti malam,” kata dia.

Lida meneruskan, sebanyak 109 paket sembako terdistribusi tepat sasaran dari tangan perwakilan anak-anak kepada kaum fakir miskin dan dhu’afa di jalanan

“Semoga ini menjadi jalan keberkahan bagi sekolah, seluruh guru, siswa siswi dan orang tua dan menjadi pendidikan nyata karakter empati yang berhasil menyentuh sanubari seluruh siswa siswi, amiin yaa Rabbal Aalamiin,” tutupnya. (*/ran)