Subsidi Kuota. Siswa Dapat 35 GB, Guru 42 GB, Mahasiswa Dan Dosen 50 GB Per Bulan

Ilustrasi belajar daring.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim berjanji akan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Anggarannya mencapai Rp 7,2 triliun.

“Subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 4 bulan. Siswa 35 GB/bulan, Guru 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen masing-masing 50 GB/bulan,” kata Nadiem di Gedung DPR, Kamis (27/8/2020) dilansir CNBCIndonesia.com.

Untuk subsidi kuota guru, sambung Nadiem akan dibiayai melalui realokasi anggaran Program Organisasi Penggerak.

Pada kesempatan tersebut yakni saat rapat bersama DPR Komisi X, Nadiem mengajak kembali PGRI untuk bisa ikut ke dalam Program Organisasi Penggerak (POP).

Nadiem mengatakan kuota diperlukan memang untuk Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ. PJJ dilakukan karena kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan selama pandemi virus corona. Namun, banyak pelajar di berbagai daerah yang terkendala membeli kuota internet untuk belajar di rumah.

“Selama ini kami telah melakukan perjuangan internal di dalam pemerintah. Dan Alhamdulillah, kami dapat dukungan untuk anggaran pulsa untuk peserta didik kita di masa PJJ ini,” katanya.

Ilustrasi belajar daring.

Selama PJJ berjalan, Nadiem mengaku banyak mendapat laporan kendala orang tua dan pelajar dalam membiayai kuota. Perkara ini menurutnya lebih banyak didapati dibanding pelajar yang tidak memiliki gawai.

Diketahui, Nadiem juga berencana membuka kembali sekolah di zona kuning dan hijau. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan di sekolah.

Nadiem juga mengatakan, tambahan penerima tunjangan profesi guru, dan tenaga kependidikan sampai tunjangan profesi dosan dan guru besar akan ditambahkan mencapai Rp 1,7 triliun. (cnbc/ran)