25 radar bogor

4 Juta Pekerja di Jabar Kebagian Subsidi Gaji Rp600 Ribu

Ilustrasi bantuan PIP diduga dikorupsi
Ilustrasi bantuan PIP diduga dikorupsi
Ilustrasi-Bantuan-Sosial-Tunai
Ilustrasi Bantuan.

BANDUNG-RADAR BOGOR, Sebanyak 4 juta pekerja di Jawa Barat (Jabar) peserta BPJS Ketenagakerjaan memeroleh subsidi gaji Rp600.000/bulan dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar, Taufik Garsadi mengatakan program subsidi gaji itu disalurkan kepada pekerja yang memenuhi kriteria penerima bantuan.

Subsidi gaji ini merupakan kewenangan langsung pemerintah dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan pihak provinsi, dikatakannya, turut membantu dari sisi koordinasi dan pemantauan.

“Kalau dari angka kepesertaan aktif ada sekitar 4 juta yang mendapat subsidi gaji, tapi data rilnya terus kami koordinasikan dengan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Taufik, Kamis (27/8/2020).

Menurut Taufik, jumlah 4 juta itu adalah kepesertaan aktif, namun baru separuhnya yang memperbaharui data nomor rekening.

Ia mengungkapkan, dalam monitoring Disnaker bersama BPJS Ketenagakerjaan, terdapat salah satu kendala dalam pendataan pekerja yang berhak yakni ada seperempat perusahaan di Jabar berkantor pusat di Jakarta. “Dari 4 juta, artinya ada 1 juta lebih didaftarkan kantor pusat, ini yang terus saya monitor,” jelasnya.