25 radar bogor

Universitas Nusa Bangsa Gelar Semiloka Kurikulum di Era Industri 4.0

BOGOR–RADAR BOGOR, Universitas Nusa Bangsa (UNB) Bogor melaksanakan Semiloka Kurikulum di Era Industri 4.0.

Semiloka dilaksanakan 13 Agustus 2020 dihadiri sekitar 65 peserta secara daring dan luring dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Acara dibuka oleh Rektor UNB Dr. Ir. Yunus Arifin, M.Si. Dalam sambutannya Rektor UNB menyatakan bahwa  Semiloka Perubahan kurikulum di PT merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan sebagai tanggapan terhadap perkembangan IPTEK, kebutuhan masyarakat, serta kebutuhan pengguna lulusan/stakeholders.

“Penyusunan kurikulum mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT),” ujarnya.

Menurut Wakil Rektor I UNB, Tun Susdiyanti, bahwa dalam penyusunan kurikulum ini melalui proses yang cukup panjang, telah disusun oleh masing-masing tim perumus kurikulum tingkat prodi, yang dilaksanakan sejak November 2019 dengan melibatkan seluruh dosen dan stakeholders.

Tahapan penyusunan meliputi: penetapan profil lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), penentuan bahan kajian, penetapan mata kuliah dan bobot SKS, penyusunan struktur mata kuliah, dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Acara semiloka Kurikulum di tutup sekitar pukul 17.00 WIB oleh Wakil Rektor 1. (*/ysp)