Transformasi Digital, 4 Aplikasi Kemen-PANRB Dirilis Akhir Tahun

Ilustrasi Aplikasi Digital

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) mengaku, sedang mempersiapkan sebanyak empat aplikasi umum sebagai implementasi transformasi digital di lingkup Kementerian/Lembaga.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB Rini Widyantini memaparkan, langkah tersebut sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengharapkan pengelolaan pemerintah yang bersih, efektif, dan terpercaya.

“Mudah-mudahan akhir 2020 ini sudah bisa kita luncurkan aplikasi umum yang memang akan kita integrasikan,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (12/8/2020).

Rini menuturkan, pihaknya terbuka untuk melakukan integrasi jika ada K/L lain yang punya aplikasi umum serupa.

Misalnya, aplikasi umum bidang manajemen kegiatan pemerintah, yang akan mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, dan kinerja.

Selain itu, aplikasi umum bidang kepegawaian, aplikasi umum bidang kearsipan, dan aplikasi umum bidang pengaduan masyarakat. Ketiga aplikasi ini nanti akan dikoordinasikan oleh Kementerian PANRB.

Ilustrasi Aplikasi Digital

“Mudah-mudahan selesai 2020, dan kita berencana akan rilis Oktober,” imbuhnya.

Sementara untuk aplikasi umum yang berkaitan dengan pengaduan masyarakat, Rini mengungkapkan, aplikasi tersebut sudah hampir rampung.

“Yang sekarang dikenal dengan Lapor, ini yang paling sudah siap. Kita sedang menunggu yang berkaitan dengan manajemen security-nya yang sedang disusun oleh BSSN,” pungkasnya. (jpg)