25 radar bogor

UMKM Diusulkan Dapat Subsidi Internet

Ilustrasi RT RW Net
Ilustrasi praktik usaha RT RW Net

JAKARTA-RADAR BOGOR, Indonesia saat ini sedang dibayangi oleh resesi seperti yang dialami oleh negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Pengamat Indef Bhima Yudhistira pun menyarankan, sebaiknya pemerintah mempercepat pencairan stimulus khususnya di sektor kesehatan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Tidak ada pemulihan ekonomi tanpa penanganan pandemi yang serius,” ujarnya saat dihubungi oleh JawaPos.com, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, untuk sektor UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi selain relaksasi kredit sebaiknya diberi stimulus tambahan yang luar biasa.

“Misalnya subsidi internet gratis agar UMKM terpacu untuk masuk dalam ekosistem digital. Kemudian adanya pemberian subsidi gaji untuk cegah PHK,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah dapat mempertimbangkan pemberian stimulus berupa universal basic income. Namun, sasarannya tak hanya seperti bansos yaitu untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Tetapi, kelas menengah rentan miskin juga bisa diberikan stimulus ini. “Perlu formulasi baru yang out of the box. Stimulus pemerintah saat ini selain masih kecil, juga biasa-biasa saja,” pungkasnya. (jpg)