25 radar bogor

Pemerintah Geber Kunjungan Wisatawan Domestik ke Objek Wisata Alam

Wisata alam berbasis masyarakat di Sentul Eco-Edu Tourism Forest (SEETF) terus berkembang.
Wisata alam berbasis masyarakat di Sentul Eco-Edu Tourism Forest (SEETF).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Rencana wabah Covid-19 telah menghantam keras sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pemerintah berencana menggenjot kunjungan wisatawan domestik ke destinasi yang menyuguhkan keindahan alam.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, banyak masyarakat yang lebih berminat ke tempat wisata alam.

Hal itu akan menjadi tren wisata pada era tatanan kenormalan baru. Misalnya kawasan puncak dan Sentul atau Banyuwangi serta Bromo.

“Wisatawan domestik akan berkunjung ke kota penyangga yang memiliki alam yang indah dan bersih. Orang Jakarta ke puncak, ke Sentul. Orang Surabaya ke Banyuwangi dan Bromo,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/7/2020).

Luhut mengatakan, pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan domestik meningkat hingga 70 persen dari potensinya. Untuk diketahui, potensi wisatawan domestik sendiri mencapai 300 juta perjalanan per tahun.

Luhut menambahkan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga berpesan agar industri pariwisata fokus pada wisatawan berkualitas.

“(Pesan Presiden) Agar pariwisata Indonesia berfokus pada capaian kualitas, lama tinggalnya (wisatawan), dan pengeluaran wisatawan, serta upaya merawat lingkungan hidup,” pungkasnya. (jpg)