25 radar bogor

Ini Hasil Rapat Perdana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah menggelar rapat perdana, Selasa (21/7/2020).

Tim yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 ini bertugas merumuskan sejumlah kebijakan, serta memantau dengan seksama perkembangan penanganan Covid-19 dan perekonomian nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, tugas Komite salah satunya memantau ketersediaan peralatan uji maupun pengembangan vaksin Covid-19. Selain itu menyiapkan program perekonomian yang bersifat tahun jamak.

“Dalam rapat pertama tadi, kami membahas anggaran pemerintah yang nanti akan dibahas oleh Kementerian Keuangan dan Bappenas, terkait dengan program multi-years tersebut,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Airlangga menuturkan, Komite juga memiliki kewenangan menetapkan keputusan yang mengikat Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Instansi lainnya, serta melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah terkait.

Sementara di level daerah, Gubernur dan Bupati atau Wali Kota membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi Ketua Satgas Penanganan Covid-19.