25 radar bogor

Mayoritas UMKM, Cukai Industri Rokok Elektrik Tembus Rp 426 M di 2019

Liquid vape (Dok. JawaPos.com)

Meski tergolong baru, industri HPTL turut berkontribusi terhadap perekonomian negara. “Meski masih usaha rintisan, kami bangga bisa mengambil peran sebagai salah satu sumber pendapatan bagi negara.”

Dalam menyikapi dampak pandemi, Aryo menyatakan kesiapan APVI dalam mendukung upaya Pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional lewat industri HPTL.

Selain kontribusi nyata bagi perekonomian nasional, usaha-usaha vape skala kecil ini pun telah membuka lapangan pekerjaan.

“Saat ini ada ribuan toko terdaftar menjadi anggota APVI dan mayoritas dari kami adalah industri rumahan yang memperkerjakan masyarakat sekitar. Walaupun anggota APVI adalah industri kecil, tapi kami optimis dapat memberikan kontribusi nyata lewat penyerapan tenaga kerja serta kontribusi cukai,” tegas Aryo.

Aryo menegaskan bahwa masa pandemi saat ini dapat dijadikan momentum bagi Pemerintah untuk menunjukkan dukungannya terhadap pertumbuhan industri HPTL.

Dukungan pemerintah, sambungnya, dapat berupa regulasi khusus yang secara komprehensif mengatur industri ini dan membedakannya dari rokok.