25 radar bogor

Mayoritas Orang Tua Belum Setuju Sekolah Tatap Muka

Ilustrasi

Sebanyak 65,6 persen menginginkan bantuan tunai, 58,9 persen bantuan sembako, 28,7 persen subsidi listrik 900 watt, 28,1 persen program kemandirian pangan, 22,8 persen kartu prakerja, 22,1 persen subsidi listrik 450 watt, dan 4,6 persen tidak menjawab.

Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Desa (Kemendes) mempunyai tanggung jawab memberikan bantuan tunai, bantuan sembako, dan bantuan lainnya. ”Dengan tekanan ekonomi yang berat, bantuan sangat dinanti,” tutur dia.

Bagaimana dengan tingkat optimisme publik terhadap kondisi ekonomi Indonesia? Tingkat optimisme publik ternyata turun dan berada di angka 63,5 persen. Padahal pada Oktober 2019 masih berada di angka 71,0 persen. Tingkat optimisme itu harus dijaga agar tidak makin turun.

Survei Alvara dilakukan pada 22 Juni hingga 1 Juli dengan melibatkan 1.225 responden. Metode yang digunakan adalah online survey dan mobile assisted phone interview di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, ada beberapa provinsi di wilayah Indonesia Timur, yaitu Papua, Papua Barat, dan Maluku, yang karena terkendala jaringan internet dan coverage tidak masuk survei. Margin of error berkisar 2,86 persen.(jpc)