25 radar bogor

Mayoritas Orang Tua Belum Setuju Sekolah Tatap Muka

Ilustrasi

Alvara juga bertanya kepada publik apa yang mereka harapkan jika sekolah dibuka kembali. Sebanyak 88,2 persen menyatakan berharap sekolah mengikuti protokol kesehatan.

Lalu, 64,5 persen berharap sekolah menyediakan tempat cuci tangan. Sebanyak 50,8 persen mengharapkan sekolah menyediakan masker, 50,4 persen meminta diberlakukan dua gelombang masuk sekolah, 46,9 persen meminta pemerintah dan sekolah menyediakan vitamin untuk menjaga imun anak, 32,8 persen mengimbau agar kantin sekolah menyediakan makanan bergizi, sedangkan 30,6 persen meminta dilakukan rapid test seminggu sekali.

”Sebanyak 27,4 persen meminta sekolah menyediakan makanan bergizi,” terang Hasan, sapaan Hasanuddin.

Selain soal pendidikan, Alvara memaparkan kondisi tekanan ekonomi yang dirasakan masyarakat. Hasan mengatakan, biaya kebutuhan sehari-hari masyarakat turun signifikan dari sebelumnya 49,8 persen pada 2019, sekarang tinggal 38,1 persen.

Sementara pengeluaran untuk kebutuhan internet justru naik signifikan dari 6,1 persen menjadi 8,1 persen. ”Pendapatan turun, sementara kebutuhan tetap, seperti cicilan tidak bisa berkurang,” terangnya.

Menurut Hasan, dengan tekanan ekonomi yang begitu berat, masyarakat membutuhkan bantuan sosial dari pemerintah. Hasil survei Alvara menyebutkan, ada sejumlah kebutuhan yang diinginkan publik.