25 radar bogor

Dunia Harus Mandiri dari Tiongkok

TAHUN 2020 penuh dengan peristiwa yang tak terlupakan. COVID-19 belum berakhir. Sekarang, dunia harus menghadapi meningkatnya eskalasi dan ketegangan antara negara-negara terkuat dalam hal ekonomi: Amerika Serikat dan Tiongkok.

Orang bisa mengatakan ini adalah pertarungan antara kekuatan besar yang berusaha mempertahankan hegemoni globalnya.  Dunia menyaksikan perkembangan besar-besaran unjuk kekuatan China sejak tahun 2000-an, terutama ketika negara itu menjadi  anggota WTO.

Thucydides, seorang filsuf dan sejarawan Yunani, memunculkan teorinya yang disebut Thucydides Trap (Jebakan Thucydides). Pada dasarnya yang kuat akan melakukan apa yang mereka bisa, dan yang lemah harus menderita apa yang harus mereka lakukan.

Ini benar-benar berhubungan dengan situasi geopolitik saat ini, dan  kita hadapi kini dan di tahun-tahun berikutnya. Semua berharap kedua negara ini tidak akan terjebak dalam sesuatu yang telah dikatakan dalam teori yang diuraikan di atas.

Salah satu alasan utamanya, dunia membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dari keruntuhan ekonomi dan kembali ke kehidupan normal,   mesin produksi dihidupkan kembali sebanyak mungkin.

Ini semua dimulai pada  2018. Kedua negara memulai perang dagang yang selanjutnya mengarah ke perang mata uang. Situasi belum membaik tetapi menjadi suram karena pandemi global.

Presiden Donald Trump menyalahkan Tiongkok untuk semuanya, terutama tentang kurang responsif dan transparan untuk menangani dan mengendalikan epidemi lokal. Trump juga menuduh WHO berkolusi dengan China, seperti menutupi semua peristiwa asli yang terjadi selama masa kritis awal, dan merekomendasikan AS untuk menerima imigran dari Tiongkok.