25 radar bogor

Sistem Pemilu, Partai Besar Lebih Sreg Pakai Proporsional Tertutup

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pandangan partai politik (parpol) terhadap RUU Pemilu mulai terpetakan satu per satu. Terkait sistem pemilu yang akan digunakan pada 2024, sikap partai politik terbelah.

Tiga partai besar, PDIP, Golkar, dan Gerindra, cenderung sreg dengan opsi sistem proporsional tertutup. Wacana tersebut juga didukung PPP. Sedangkan lima partai lainnya, yaitu Nasdem, PKB, Demokrat, PKS, dan PAN, memilih proporsional terbuka.

”Ini masih pandangan awal yang disampaikan dalam rapat internal komisi II,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung Minggu (14/6/2020).

Disampaikan, pandangan tiap-tiap anggota fraksi itu belum menjadi sikap resmi parpol. Pandangan tersebut baru menjadi sikap resmi setelah semua fraksi menyerahkan pandangan tertulis atas RUU Pemilu. ”Contohnya kami di Golkar. Kami juga mempertimbangkan opsi sistem campuran,” papar ketua Komisi II DPR itu.

Politikus Nasdem Saan Mustopa mengatakan, pihaknya mendukung sistem proporsional terbuka. Dia menganggap sistem itu memperkuat partisipasi publik. Karena bisa membuka hak pemilih dalam menentukan anggota legislatif secara langsung dan terbuka.

Saan menambahkan, sistem proporsional tertutup memberikan kewenangan penuh kepada pimpinan parpol dalam menentukan calon terpilih yang duduk di parlemen. Akibatnya, proporsional tertutup tidak memberikan pilihan ke rakyat sebagai pemilih. ”Saya yakin isu ini masih tetap menjadi perdebatan di DPR,” ujar wakil ketua Komisi II DPR itu. (mar/c9/fat)