25 radar bogor

Besok, PPDB SMP di Kota Bogor Dimulai. Berikut Jadwal dan Tahapannya!

Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB.
Ilustrasi-PPDB
Ilustrasi-PPDB

BOGOR – RADAR BOGOR, Setelah tuntas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN), kini saatnya masuk jadwal perdana PPDB Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

Jika SDN hanya dua jalur, untuk jenjang ini disediakan lima jalur. Sehingga, agar mempermudah pendataan calon siswa yang daftar secara online atau daring, dilakukan tiga tahapan.

PPDB SMP akan berlangsung dari 16 Juni hingga 6 Juli mendatang.

Sesuai jadwal yang ada, pada pedaftaran tahap pertama dari 16 sampai 19 Juni, dikhususkan untuk jalur afirmasi, jalur istimewa anak tenaga kesehatan, dan jalur perpindahan orang tua atau anak guru.

Sedangkan untuk jalur prestasi, pendaftaran akan dilangsungkan tahap kedua pada 24 hingga 27 Juni.

Terakhir adalah jalur zonasi, pendaftaran akan dilakukan pada 2 sampai 6 Juli mendatang.

Untuk kuota sendiri, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor memberikan 20 persen jalur afirmasi, 5 persen jalur perpindahan tugas orangtua dan anak guru. Dua persen jalur istimewa tenaga medis Covid-19, 20 persen jalur prestasi, dan 53 persen jalur zonasi.

Adanya penambahan kuota di beberapa jalur, diprediksi pendaftaran tingkat SMP ini akan jadi rebutan untuk beberapa sekolah unggulan.

“Sekarang ini ada 20 total SMP Negeri yang ada di Kota Bogor, swastanya ada 105. Biasanya kita tidak bisa membahagiakan semua masyarakat, orang tua dan siswa. Animo luar biasa itu biasanya hanya ke beberapa sekolah, tapi daya tampung sangat terbatas,” kata Kepala Bidang SMP pada Disdik Kota Bogor, Arni Suhaerani.

Sambung Arni, di luar itu persiapan sudah dilakukan sejak jauh – jauh hari untuk PPDB tingkat SMP besok. Terutama antisipasi masih banyaknya orang tua siswa yang datang ke sekolah langsung, meskipun pendaftaran bisa dilakukan secara daring.

“Jadi ada tiga tahap yang mungkin bisa dicoba oleh orang tua siswa. Kita sengaja buka pendaftaran tiga tahap itu. Sesuai dengan jalur dan syarat – syaratnya. Terutama jalur nakes di tahap satu, itu spesial. Untuk memberikan penghargaan bagi mereka,” sambungnya. (dka/c)

Jadwal PPDB SMP

Tahap I
Jalur Afirmasi, Jalur Istimewa Tenaga Medis dan Jalur Perpindahan Orang Tua 1. 4 mei 6 juni sosilaisai
2. 16 sampai 19 juni pendaftaran
3. 20 juni pengesahan dan pelaporan
4. 22 juni pengumuman
5. 23 sampai 24 juni daftar ulang.

Tahap II
Jalur Prestasi
1.4 sampai 6 juni sosilisasi
2. 24 sampai 27 juni pendaftaran 3. 29 juni pengesahan dan pelaporan 4. 30 juni pengumuman
5. 1 juli sampai 2 juli daftar ulang.

Tahap III
Jalur Zonasi
1. 4-6 juni sosilisasi
2. 2 Juli sampai 6 juli pendaftaran
3. 7 juli pengesahan dan pelaporan
4. 8 juli pengumuman
5. 9 sampai 10 juli daftar ulang