25 radar bogor

Raih Lailatul Qadar Bagi Pelajar

Oleh: Nasywa Durrun Ainaani

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar, adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, karena keutamaannya yamg begitu banyak pada malam tersebut.

Malam lailatul qadar ini tidak serta merta mudah didapatkan secara langsung, karma Allah tidak memberitahu secara pasti, kapan malam lailatul qadar ini akan muncul namun butuh keistiqamahan dalam meraihnya. Seperti tetap istiqamah dalam shalat malam, memperbanyak minta ampunan, I’tikaf di masjid, dan masih banyak lagi.

Menurut Dr.H Baidi, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta menjelaskan, Lailatul Qadar adalah satu malam yang mulia di bulan suci Ramadhan. Ciri yang pertama adalah, malam lailatul qadar terjadi pada 10 malam terakhir, dalam berbagai riwayat pun telah dijelaskan dan begitupun dalam hadist Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Terkait malam keberapa, Dr H Baidi mengatakan, belum ada penjelasan tentang hal ini. ciri yang kedua adalah cuaca pada pagi atau malam hari turunnya Lailatul Qadar sangat tenang dan udara terasa segar. Di pagi hari sinar matahari cukup cerah, tidak panas. Begitupun di malam hari, udara terasa segar dan suasana sangat tenang. Ciri yang ketiga adalah malam lailatul qadar terdapat pada malam yang ganjil.

Dr H Baidi mengungkapkan, hal tersebut merupakan sebuah pendapat, maka alangkah baik selama 10 hari terakhir ramadhan, terutama di malam-malam ganjil untuk menyongsong Lailatul Qadar. Hal tersebut karena manusia tidak tahu secara pasti turunnya Lailatul Qadar. “Itu rahasia Allah SWT,” ungkapnya (aceh.tribunnews.com/2020/05/10)

Adapun yamg ditunggu-tunggu umat muslim diseluruh dunia adalah keutamaan malam lailatul qadar. Yaitu keutamaan yang pertama adalah malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an. Sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al-Qadr ayat satu yang berbunyi “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1).

Lalu keutamaan malam lailatul qadar yang kedua adalah malam yang lebih baik dari seribu buian, maka apabila kita beribadah pada malam itu dengan sungguh-sungguh, sama dengan kita beribadah seribu bulan atau 84 tahun.

Keutamaan malam lailatul qadar yang ketiga adalah pada malam tersebut, para malaikat akan berbondong-bondong turun ke bumi. Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa. Allah SWT berfirman: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4). Dan masih banyak lagi keutamaan yang ada pada malam lailatul qadar tersebut.

Bagi kita para pelajar, agar bisa mendapatkan malam lailaltul qadar sangatlah mudah. Namun tentunya membutuhkan keistiqamahan yang kuat didalamnya. Dan banyak sekali hal baik yang dapat dilakukan bagi para pelajar.

Seperti ketika siang hari diisi dengan membantu orang tua, bersedekah, waktu luang diisi dengan berdzikir, dan jangan lupa tetap semangat belajar, walaupun libur panjang karena covid-19 disaat ramadhan ini.

Selanjutnya banyaklah minta ampun kepada Allah serta masih banyak lagi kebaikan yang dapat dilakukan. Malam lailatul qadar terjadi sepanjang malam dari magrib sampai shubuh dan semua peristiwa ibadah yang terjadi terjadi pada malam lailatul qadar akan mendapat ganjaran yang berlipat ganda.

Mari kita melaksanakan shalat magrib, isya, tarawih dan itikaf di rumah masing-masing di sepuluh malam terakhir Ramadan tahun ini, Mudah mudahan kita menjadi bagian yang mendapatkan pahala malam lailatul qadar, Amiin.

Namun hal ini butuh keistiqamahan dalam menjalankannya pada sepuluh malam terakhir, mengingat hanya Allah yang mengetahui kapan datangnya malam lailatul qadar. Dan besar kecilnya pahala yang didapatkan, tergantung kualitas dan kuantitas ibadah yang ia kerjakan pada malam itu, oleh karna itu, walaupun dia hanya mengerjakan ibadah wajibnya saja, dia tetap mendapatkan pahala di malam lailatul qadar.

Keterangan di atas mengajak kita untuk optimis atau bersungguh-sungguh dalam mendapatkan malam lailatul qadar, banyak dan sedikitnya ibadah yang dilakukan pada malam itu, tergantung kesungguhan yang dimiliki setiap orang, karna bagi orang yang bersungguh-sungguh, akan diberi petunjuk dan dimudahkan dalam segala urusannya.

Seperti firman Allah yang berbunyi “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” {al-ankabut:69}.

Maka dari itu marilah kita sebagai pelajar merasa optimis untuk meraih malam lailatul qadar, karena keutamaannya yang begitu banyak, dan semoga kita mendapatkan malam tersebut pada ramadhan tahun ini. Amin. (*)