25 radar bogor

Ratusan Warga Gunungsindur Terpapar Polusi Limbah Bangkai Ayam

Limbah-Ayam
Warga bersama pemdes saat berdiskusi mengenai tindakan pada bau bangkai yang disebabkan oleh pembuangan limbah di wilayah mereka.
Limbah-Ayam
Warga bersama pemdes saat berdiskusi mengenai tindakan pada
bau bangkai yang disebabkan oleh pembuangan limbah di wilayah mereka.

GUNUNGSINDUR-RADAR BOGOR, Warga Perumahan Griya Cimanggir, Desa Gunungsindur, Kecamatan Kabupaten Bogor, belakangan ini tak enak makan.

Pasalnya, polusi udara disana sudah tercemar limbah bangkai ayam, yang berada diwilayah setempat.

Menurut keterangan salah warga Griya Cimanggir, Ifan (36), bau bangkai itu berasal dari limbah bulu ayam, kulit yang telah membusuk dibuang dekat pemukiman warga.

“Limbah dari jeroan ayam dan bulu-bulu ayam. Setelah di lihat dari lokasi pembuangan, ada limbah pembuangan yang sudah mengeluarkan bau bangkai,” jelasnya.

Ifan mengatakan, limbah ayam itu sangat bau dan mengganggu pernapasan. Apalagi saat malam dan hujan, bau bangkai itu membuat tidak nafsu makan.

“Kami akan menindaklanjutnya. Karena warga juga menghawatirkan adanya penyakit, pembuangan limbah itu jangan sampai di lokasi itu, sangat mengganggu warga disini,” ucapnya.

Sementara itu, kepala Desa Gunung Sindur, Deden menuturkan, pihaknya akan menempuh jalan musyawarah terlebih dahulu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Nanti tetap kita cek, kalau bisa di tutup ya di tutup, apa salahnya. Saya belum tahu secara pasti, apakah itu limbah ayam berupa satuan atau bulu saja, tapi yang kita tahu itu,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, menurut informasi, kalau tempatnya sedang di renovasi. Namun, renovasi tersebut diketahui warga sudah dari dulu dan sampai sekarang belum selesai juga.

“Yang jelas dari pemdes akan memeriksa dan menampung keluhan warga. Karena sudah lama alasannya sedang ada renovasi, dan pemdes bakal menindaklanjuti supaya tidak ada gesekan dengan pihak lain,” pungkasnya. (nal/c)