25 radar bogor

IPB University Siapkan International Student Buddies untuk menyambut Mahasiswa Asing

BOGOR-RADAR BOGOR,Memasuki semester genap 2019/2020, IPB University telah bersiap menerima mahasiswa asing melalui program pertukaran pelajar (student exchange) maupun program reguler. Mahasiswa asing dari 8 universitas mitra IPB University yang berasal dari 6 negara (Australia, Jepang, Filipina, Swedia, Thailand, dan Timor Leste) akan datang ke IPB University pada semester genap ini untuk melaksanakan program akademik mereka, baik dalam bentuk mengikuti perkuliahan maupun melakukan penelitian.

Dalam rangka mempersiapkan lingkungan sosial dan kampus yang nyaman, Direktorat Program Internasional IPB University menyelenggarakan International Student Buddies Training pada Senin (13/1). Pelatihan ini bertujuan memberikan informasi dasar mengenai ijin bagi mahasiswa asing serta hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang international student buddy.

International student buddies system telah dikembangkan oleh Direktorat Program Internasional IPB University sejak tahun 2018. Setiap mahasiswa asing nantinya akan didampingi seorang teman (buddy) yang bertugas secara sukarela (voluntary) untuk memberikan informasi dan bantuan kepada mahasiswa asing sejak awal semester hingga masa studinya selesai dan kembali ke negara asalnya.

Para international student buddy merupakan mahasiswa aktif IPB University yang tidak hanya memiliki pengalaman akademik ke luar negeri, namun juga fasih dalam berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Prof Dr Ir Iskandar Z. Siregar, MForSc, Direktur Program Internasional IPB University menyampaikan, pengalaman internasional (international experience) merupakan salah satu learning pathway yang penting bagi generasi saat ini.

“Pengalaman dan jejaring yang diperoleh saat menjadi international student buddy akan bermanfaat bagi mahasiswa saat ini dan ke depan,” paparnya.

Sementara itu, Kasubdit Pelayanan Program Internasional, Dr Sintho Wahyuning Ardie, SP, MSi, juga menekankan pentingnya peran international student buddy dalam menjaga citra IPB University maupun Indonesia sebagai tuan rumah yang ramah.

“Mahasiswa asing di IPB University merupakan duta yang akan mempromosikan IPB University saat kembali ke universitas dan negara asalnya, ” jelas Dr Shinto.

Dikatakannya juga bahwa jumlah mahasiswa asing di IPB University merupakan salah satu indikator pemeringkatan universitas di dunia.

Melalui program International Student Buddy yang dijalankan di setiap semester ini, lanjut Dr Sintho, diharapkan IPB University dapat memberikan kesan positif bagi mahasiswa asing. Ke depannya hubungan antara IPB University dengan universitas mitra di luar negeri diharapkan semakin menguat dan membuka kesempatan lebih banyak kerjasama. (Nurul/RA)