25 radar bogor

SMK Metland Jalin Kerjasama dengan Anabuki Vocational College

Kunjungan rombongan Anabuki Vocational College dari Jepang memberikan kabar baik bagi SMK Metlend School, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/2/2020).
Kunjungan rombongan Anabuki Vocational College dari Jepang memberikan kabar baik bagi SMK Metlend School, Cileungsi, Sabtu (1/2/2020).

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Kunjungan rombongan Anabuki Vocational College dari Jepang memberikan kabar baik bagi SMK Metlend School, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Kunjungan tersebut sekaligus pelaksanaan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara institusi pendidikan Vokasional.

Direktur Anabuki College, Yasuyoshi Ohira mengatakan, pihaknya telah sepakat secara intensif dan sungguh-sungguh menjajaki peluang belajar dan bekerja di Jepang bagi para lulusan SMK Metland dan SMK lainnya di Indonesia.

“Kami berkomunikasi untuk menawarkan kerjasama dengan beberapa SMK lainnya di Indonesia,” ujarnya kepada Radar Bogor, Sabtu (1/2/2020).

Pengawas Pembina Korwil Cileungsi, Dina Martha Tiraswati menambahkan, Anabuki Vocational College mengundang agar pihak yang telah bekerjasama melihat langsung keberadaan sekolah tersebut di Kota Takamatsu.

Dina menilai, Jepang adalah negara maju, siswa lulusan SMK perlu belajar tentang karakter positif, meningkatkan ketrampilan selama di sana, setelah itu pulang ke Indonesia dengan bekal pengalaman dan kompetensi yang handal.

Sementara itu Kepala SMK Metland, Darmawan mengatakan, banyak lulusan SMK berkesempatan menimba ilmu, meningkatkan kompetensi dan menguatkan karakter kinerja positif dari masyarakat Jepang.

Dia menyarankan, untuk mewujudkan sebuah negara maju seperti ini masyarakat harus memiliki karakter dan kinerja yang baik, kebiasaan hidup teratur, memiliki toleransi tinggi. “Tentunya sikap respect kepada orang tua, guru dan atasan baik itu tamu atau lainnya juga harus diterapkan,” bebernya.(rp1)