25 radar bogor

Dibuka 244 Formasi CPNS di Kementerian ESDM, Ketahui Formasinya

Ilustrasi ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan 244 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka pada tahun 2023.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak 244 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah diumumkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan dibuka pada 2023. Di dalamnya termasuk lowongan untuk dosen dan tenaga kesehatan (Nakes).

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Penerimaan CPNS dan PPPK 2023 Dibuka, Formasi Guru dan Nakes Jadi Fokus

Dari ratusan formasi yang dibuka, paling banyak dikhususkan untuk Pegawai Pemerinth dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Berikut rinciannya yaitu 190 untuk PPPK, 4 CPNS Dosen, dan 50 PPPK Nakes.

“Sobat energi! Badan Kepegawaian Negara secara resmi telah mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi pengadaan CASN tahun 2023. Kementerian ESDM membuka kesempatan 244 formasi CPNS dan PPPK di Tahun 2023 agar kamu dapat ikut berkarya di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral,” bunyi informasi di akun Instagram resmi @kesdm, dikutip Selasa (12/9/2023).

Kementerian ESDM juga mengimbau kepada masyarakat yang berminat menjadi ASN untuk mengikuti akun Instagram resmi @casnkesdm. Sebab seluruh informasi terkait penerimaan CPNS ada di akun Instagram tersebut.

“Persiapkan diri kamu dan pantau terus media sosial @casnkesdm,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) resmi merilis jadwal penerimaan CPNS 2023 dan PPPK 2023. Jadwal penerimaan CPNS 2023 dan PPPK 2023 dimulai pada 16 September sampai 30 September 2023.

Artinya ada waktu 4 hari jadwal penerimaan CPNS 2023 dan PPPK 2023. Oleh karena itu masyarakat yang berminat menjadi ASN dan PPPK atau P3K agar menyiapkan diri dan memperhatikan jadwal atau tahapan yang telah ditetapkan.

Keputusan tentang jadwal penerimaan CPNS 2023 dan PPPK 2023 itu tertuang dalam Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengingatkan, para peminat agar memperhatikan sejumlah syarat-syarat yang telah ditetapkan. Apalagi terkait dengan batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

Baca Juga: Penerimaan CPNS dan PPPK Dibuka, Berikut Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK di Laman SSCASN

Para pelamar CPNS dan PPPK harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Anas menegaskan calon pelamar harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” tuturnya.(jpg)

Editor: Yosep / Nova-PKL